Digital marketing agency – Pemasaran produk atau jasa saat ini lebih banyak menggunakan digital marketing. Dimana media yang dipakai untuk promosi atau pemasaran adalah media digital atau internet. Tujuan menggunakan digital marketing ini adalah menarik calon konsumen atau konsumen lama secara tepat dan cepat. Seperti yang sudah diketahui bahwa teknologi pemasaran digital saat ini sudah meluas dan banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Baik itu UMKM sampai perusahaan skala menengah atau skala besar. Saking banyaknya brand atau merek yang menggunakan digital marketing sebagai sarana promosi. Tidak mengherankan jika satu brand atau merek saling beradu strategi digital marketing untuk menarik lebih banyak target konsumen.

7 Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini sudah banyak macam strategi digital marketing untuk bisnis sesuai kebutuhan. Berikut ini ada beberapa strategi digital marketing yang bisa diterapkan pada bisnis Anda.

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Merupakan upaya untuk melakukan optimasi pada sebuah situs supaya bisa mendapatkan peringkat atas di hasil pencarian. Di Indonesia, search engine yang banyak digunakan untuk kebutuhan SEO adalah Google. Search engine Google memang banyak digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi sesuai kebutuhan. Tinggal mengetikkan kata kunci di kolom pencarian. Maka semua informasi yang dibutuhkan akan disajikan lengkap. Namun untuk bisa sampai ke peringkat atas, tentunya harus bisa memahami sistem search engine terlebih dahulu. Untuk media yang bisa dipakai ada website, blog, dan indografis.

  1. Content Marketing

Merencanakan, membuat dan membagikan konten mengenai perusahaan akan menarik target konsumen untuk mengetahui bisnis serta memotivasi mereka menjadi pembeli. Seperti yang diketahui bahwa konten adalah raja. Jadi pastikan untuk membuat konten yang tepat sasaran dan interaktif. Dengan begitu orang-orang yang membaca konten yang disebarkan akan lebih paham tentunya. Konten yang sudah dibuat bisa dipunggah ke dalam blog, media social, artikel, e-book, dan media lainnya.

  1. Otomatisasi Pemasaran

Adalah teknik otomatisasi tugas secara berulang. Tugas-tugas ini seperti alur pekerjaan, susunan dalam mengunggah konten dan laporan kampanye. Otomatisasi ini bisa dilakukan pada kanal digital seperti email dan media sosial. Bayangkan jika kita asal dalam mengunggah konten tiap harinya. Pastinya akan membuat bisnis kita menjadi tidak teratur dan memiliki kesan tidak profesional.

  1. Pay per Click (PPC)

Menggunakan PPC ini digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs atau website Anda dengan bayaran setiap klik. Sebagai contohnya adalah Google Ads. Beriklan di Google Ads ini memang akan dikenakan biaya. Namun hanya ketika iklan yang sudah dibuat di klik oleh pengguna internet saja pembayarannya. Menggunakan Google Ads ini bisa lebih hemat anggaran iklan karena tidak ada batas biaya minimum. Selain Google Ads, masih ada Facebook Ads dan platform iklan lainnya.

  1. Affiliate Marketing

Adalah saat Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk mendapatkan komisi. Yang mana dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Misalnya Hosting Video Ads dengan YouTube.

  1. Social Media Marketing

Pun Anda bisa memasarkan atau mempromosikan brand dan konten di media social. Misalnya Facebook, Twitter, WhatsApp, atau social media lainnya. Menggunakan media social menjadi salah satu sarana tepat untuk membesarkan brand atau merek supaya dikenal lebih banyak khalayak.

Nah itulah beberapa strategi digital marketing yang bisa diterapkan pada bisnis. Anda hanya perlu memilih strategi digital marketing mana yang sesuai dengan kebutuhan.