Solusi Anak Sering Muntah Yang Harus Anda Ketahui

Muntah tentu menjadi masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak, dan pasti membuat Anda khawatir. Bagaimana tidak khawatir, muntah seringkali membuat wajah anak pucat dan kehilangan selera makan. Sebenarnya, kenapa sih anak muntah? Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, muntah adalah dikeluarkannya isi lambung melalui mulut, yang umumnya didahului oleh rasa mual dan rasa penuh pada perut dan dada. Di lain sisi, muntah juga merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mengeluarkan bahan toksik alias racun yang tertelan. IDAI juga menyampaikan kalau muntah pada anak biasanya merupakan tanda infeksi. Salah satu penyebab muntah lainnya adalah keracunan makanan, yang terjadi 1 sampai 8 jam setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Walau umumnya muntah akan berhenti dalam waktu 6 sampai 24 jam, namun jika terus berlangsung, dapat memberi dampak yang lebih serius. Untuk itu, diperlukan langkah tepat untuk mengatasi muntah pada anak dan bayi. Mau tahu solusinya? Ikuti beberapa tips pada artikel tentang Obat mual muntah yang aman untuk bayi ini:

  • Mencegah dehidrasi

Menurut IDAI, penanganan awal muntah pada anak antara lain mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka, sebaiknya Anda lebih sering memberinya ASI (untuk bayi di bawah 6 bulan), atau minuman (bagi anak yang sudah di atas 6 bulan). Berikan minum dengan metode small frequent feeding atau sedikit demi sedikit, namun sering. Jika usia anak Anda sudah di atas 1 tahun, maka Anda sudah bisa memberinya minuman manis seperti jus buah (kecuali jus jeruk dan anggur karena terlalu asam), sirup, atau madu. Berikan secara bertahap.

  • Jangan berikan makanan padat

Hindari pemberian makanan padat pada 6 jam pertama setelah muntah. Makanan apa yang perlu diberikan pada bayi yang sedang muntah-muntah? Menurut IDAI, Anda bisa memberikan makanan dengan kalori cukup dan mudah dicerna. Berikan secara bertahap sebanyak 1-2 sendok makan setiap 15 menit, kemudian dinaikkan secara bertahap. Anda juga bisa langsung pergi ke https://www.goapotik.com/ untuk langsung membeli obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *