Peta Asia pun adalah satu deskripsi mengenai bagaimana permukaan bumi pada bagian datar dengan taraf yang tersendiri lewat satu skema prediksi. Atau peta ialah satu deskripsi permukaan bumi pada bagian datar serta diperkecil dengan memakai satu taraf. Peta dapat juga diberikan dalam beberapa langkah tentu saja. Mulai dari peta konvensional yang tercetak sampai peta digital yang tampil di monitor computer. Arti peta ini pula datang dari bahasa Yunani Mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja serta pada umumnya pun peta ialah lembaran semua sisi permukaan bumi. Serta ada di bagian datar yang bisa diperkecil atau diperbesar dengan memakai taraf tersendiri. Pada suatu peta pun adalah representasi dari dua dimensi satu ruangan tiga dimensi. Serta pengetahuan yang pelajari pembuatan peta biasa dimaksud pun kartografi. Tentu saja banyak peta yang memiliki taraf serta bisa memastikan berapakah besar objek yang ada di peta dalam situasi kondisi yang sebetulnya. Arah pembuatan peta pun adalah untuk menolong satu pekerjaan pun, contohnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau rencana. Bisa menganalisa data spasial seperti perhitungan volume, serta peta pun berperan untuk menaruh info. Dapat menolong dalam pembuatan satu design, contoh design jalan atau komunikasi pada info uang.


PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI Menurut ICA (International Cartographic

Association)

ICA (International Cartographic Association) ialah instansi asosiasi beberapa kartografi penjuru dunia. Menurut ICA, peta disimpulkan menjadi satu representasi atau deskripsi unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada hubungannya dengan permukaan bumi atau beberapa benda angkasa serta biasanya dilukiskan pada bagian datar dengan diperkecil atau diskalakan.

Menurut Tubuh Pengaturan Survey serta Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL, 2005)

Bakosurtanal adalah satu akronim dari Tubuh Pengaturan Survey serta Pemetaan Nasional. Menurut instansi ini, pemahaman peta ialah wahana buat penyimpanan serta penyajian data situasi keadaan yang bisa jadi sumber info buat beberapa perencana serta pemungutan ketetapan pada tingkatan serta tingkatan pembangunan.

Menurut Tubuh Info Geospasial (BIG)

Peta ialah wahana untuk penyimpanan serta penyajian data situasi satu lingkungan yang bisa digunakan buat perencana serta pengambil ketetapan dalam penambahan pembangunan.

Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta disimpulkan menjadi satu gambar atau lukisan pada kertas yang tunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain-lain: representasi lewat gambar dari satu daerah tentu saja yang memastikan karakter dari semua ruang itu.

Menurut F.J Mounkhous serta H.R Wilkinson

Menurut F.J Mounkhous serta H.R Wilkinson, pemahaman peta adalah satu perakitan terpadu atau satu sintesa dari empat grup infomasi yakni titik, garis, lokasi serta nama yang dikemukakan dalam arti: liputan, ciri, skema, bentuk, ukuran, ketebalan simbul dan sebagainya. Batasan tertera di atas langsung menunjuk ke pada sisi tehnik penentuan simbul serta analisa keruangan segi persebaran data dalam type serta besaran dan penamaan geografik nya (toponimy). Diantara beberapa pemahaman peta itu itu pun menurut beberapa pakar yang lain, rasa-rasanya pemahaman berikut yang telah sangat fundamental.

PETA ASIA Asia adalah satu benua paling besar serta tentu saja sangat padat penduduknya di dunia. Benua Asia ada dibagian timur serta belahan utara. Tentu saja meliputi 8.7 persen dari luas daratannya, serta ada seputar 4,3 miliar orang ada pun 60% populasi manusia di dunia sekarang ini. Benua Asia ini pula mempunyai tingkat perkembangan yang tinggi di masa moderen tentunya. Saat era ke 20 ini populasi Asia sudah ada hampir 4 kali lipat. Benua Asia serta Eropa ini termasuk juga benua yang tersambung melalui darat juga kedua-duanya bisa membuat satu benua raksasa yang biasa dimaksud dengan Eurasia. Batas pada benua ini dengan Eropa benar-benar sangat kabur jadi beberapa negara Turki bisa dimasukkan ke Asia atau Eropa. Serta mempunyai beberapa bentang alam yang seringkali di gunakan untuk memisahkan ke-2 benua itu. Yaitu Selat Bosporus, Laut Marmara, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Dardanella, Sungai Emba, Sungai Ural serta Novaya Zemlya. Tentu saja Benua Asia ini bersebelahan langsung dengan Benua Eropa. Serta mempunyai batas langsung dengan Benua Afrika yang mempunyai perbatasan darat serta berjumpa di Terusan Suez. Agar bisa mengingat-mengingat ukuran serta keragaman nya tentu saja ide Asia-nama ini kembali ke jaman classic serta mungkin lebih terkait dengan geografi manusia dibanding geografi fisik. Benua Asia ini pula mempunyai keberagaman juga semasing mempunyai grup etnis, budaya, ekonomi, lingkungan, skema pemerintahan serta jalinan sejarahnya.

PEMBAGIAN WILAYAH Asia Tengah

Tentu saja tidak ada konsensus yang tentu tentang pemakaian arti ini tapi telah meliputi:

Rusia

Uzbekistan, Tajikistan, Kirgizstan, Kazakstan, Turkmenistan

Georgia, Abkhazia, Ossetia Selatan

Armenia, Azerbaijan, Nagomo-Karabakh

Asia Timur

Sisi Asia Timur ini pula biasa dimaksud dengan Timur Jauh sebab beberapa orang Eropa lihat letak geografisnya benar-benar sangat jauh dari Eropa. Serta mencakup:

Kepulauan Samudera Pasifik, Jepang

Semenanjung Korea, Kore Utara, Korea Selatan

Republik Rakyat Tiongkok, Hongkong, Makau, Tibet, Taiwan

Mongolia

Asia Tenggara

Sisi Asia Tenggara ini pula meliputi di Semenanjung Malaka, IndoChina serta beberapa kepulauan Samudera Pasifik serta Samudera Hindia.

Daratan Asia Tenggara: Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja serta Vietnam

Kepulauan Asia Tenggara: Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Timor-Leste

Di Malaysia pun sudah dibagi jadi dua sisi oleh Laut Tiongkok Selatan serta di daratan. Daratan yang pertama di Semenanjung Malaka serta yang ke-2 berada di Pulau Kalimantan.

Beberapa nama kepulauan Malaysia:

Kepulauan Malaysia Timur ada di Pulau Kalimantan serta terbagi dalam negara sisi Sabah serta Serawak.

Kepulauan Malaysia Barat ada di samping selatan Thailand serta terbagi dalam Negeri Sembilan, Selangor, Kelantan, Perak, Johor serta Pahang.

Tentu saja pun Pulau Papua dibagian barat sebagai punya Indonesia ini bisa di masukan ke Asia Tenggara tentunya sebab masalah Politik.

Asia Selatan

Sisi Asia Selatan ini pula terbagi dalam beberapa negara di Himalaya:

India serta anak dari benua Asia seperto Pakistan, Nepal, Bangladesh serta Bhutan.

Beberapa negara yang ada di Samudera Hindia seperti Sri Lanka serta Maladewa

Iran serta Afganistan

Asia Barat

Sisi Asia Barat ini umumnya pun dimaksud dengan Timur Tengah serta arti ini pula seringkali di pakai untuk mengacu dengan Negara-Negara lainnya seperti Afrika Utara. Asia Barat ini dapat di buat dengan:

Laut Tengah seperti Negara pulau Siprus

Levant atau dapat juga dimaksud Timur Dekat dengan Yordania, Suriah, Irak juga Lebanon

Jazirah Arab ini mencakup Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Oman, Qatar, Bahrain, Yaman juga Kuwait.

Semenanjung Sinai ada di Mesir.

Juga Israel, Palestina.

Tentunya Benua Asia ini adalah regional atau Benua yang terluas serta populer. Juga bergantung dari apa batasannya. Baik dengan tradisionil batasannya ialah di bagian dari massa benua itu. Serta terbentang dari Afrika – Eurasia yang terdapat di timur Terusan Suez. Pada Pegunungan Ural serta selatan Pegunungan Kaukakus juga Laut Kaspia dan Laut Hitam. Ada seputar 60 persen masyarakat di dunia yang tinggal di Benua Asia ini. Serta salah satunya ada 2 persen ini telah tempati sisi utara serta separuh sisi pedalaman seperti Mongolia, Siberia, Xinjiang, Kazakhstan, Tibet, Qinghai serta bagian-bagian barat seperti Uzbekistan serta Turkmenistan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *