DJP Online adalah sebuah situs pemerintah yang menangani pajak setiap warga Negara. Pajak merupakan sebuah kewajiban yang harus dibayarkan oleh semua warga Negara dan dikelola oleh Direktoral Jenderal Pajak atau sering disebut DJP ini. Perkembangan teknologi yang canggih memudahkan siapa saja untuk melaporkan pajaknya secara online.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu pajak dan bagaimana DJP online ini sangat penting keberadaanya, di bawah ini ada beberapa ulasan lengkapnya.

Apa Sih Pajak Itu?

Pajak adalah salah satu istilah keuangan yang paling umum. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi pemerintah untuk memenuhi berbagai proyek dan inisiatif demi kepentingan negara. Pajak dipungut oleh pemerintah pusat dan daerah.

Pajak melayani beberapa tujuan dan sangat penting untuk kemajuan, ketahanan, dan pembangunan ekonomi negara. Meskipun uang pajak digunakan untuk memenuhi berbagai proyek, pajak juga merupakan sumber pendanaan utama untuk beberapa skema kesejahteraan pemerintah yang penting.

Pajak juga membantu mengurangi ketidaksetaraan ekonomi di masyarakat melalui redistribusi kekayaan. Pajak  membantu pemerintah untuk membangun jalan, sekolah, lembaga perawatan kesehatan dan membiayai penegakan hukum dan sistem peradilan.

Klasifikasi Pajak

Pajak  secara luas dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori berbeda yakni :

  1. Pajak Langsung

Pajak-pajak ini dibayarkan langsung oleh warga negara kepada pemerintah dan tidak dapat dikirimkan kepada orang lain. Contoh paling umum dari pajak langsung adalah pajak penghasilan, pajak properti, pajak properti pribadi, dan pajak atas aset.

Pajak-pajak ini didasarkan pada prinsip kemampuan membayar. Pajak langsung adalah semacam disinsentif karena mengarah pada orang yang bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak uang, karena semakin banyak uang yang diperoleh seseorang, semakin banyak pajak yang akan dia bayarkan.

 

  1. Pajak Tidak Langsung

Pajak-pajak tidak langsung ini dipungut oleh produsen dari retailer dan dibayarkan kepada pemerintah. Pajak-pajak ini umumnya dikenakan pada barang dan jasa. DPJ masih menjadi otoritas yang mengatur pajak tidak langsung. Pajak Barang dan Jasa adalah contoh paling umum dari pajak tidak langsung.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Hiburan, Pajak Masuk, Pajak Mewah, dll juga termasuk dari bagian pajak tidak langsung.

Pajak memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu instrumen utama Pemerintah untuk mengembangkan ekonomi. Baik pajak langsung dan tidak langsung memiliki tujuan yang sama, meskipun pajak tersebut dipungut secara berbeda. Merupakan kewajiban setiap warga negara untuk membayar pajak secara bertanggung jawab untuk tujuan pembangunan bangsa.

Anda bisa mengunjungi situs DPJ online di https://djponline.pajak.go.id/account/login untuk melaporkan pajak Anda. Sementara bagi Anda yang ingin lebih mudah menghitung pajak Anda, unduh saja aplikasi Buku Warung. Dengan aplikasi Buku Warung, maka perhitungan pajak yang harus Anda laporkan akan jauh lebih mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *