JENIS-JENIS TEKSTUR KAYU LENGKAP DENGAN KEUNGGULAN DAN KEKURANGANNYA!

Kayu merupakan bahan utama dalam pembuatan pondasi rumah. Kayu juga merupakan bahan favorit untuk digunakan dalam pembuatan furniture. Kayu ini banyak jenisnya dengan karakteristik serta tekstur kayu yang memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kayu ini memang dapat menghasilkan berbagai macam produk yang berkualitas tinggi. Mulai dari, meja, kursi, lemari, kitchen set, pintu, peralatan dapur, jendela, rak buku, dan masih banyak lainnya. Kayu yang di suguhkan alam ini memang sangat luar biasa yang dapat dimanfaatkan manusia untuk pembuatan berbagai macam produk. Jenis kayu memang sangat banyak, kayu yang memiliki kualitas serta bagus digunakan dalam pembuatan furniture pasti harganya dibanderol cukup tinggi. Karena kualitasnya memang sebanding dengan harga yang di patok. Tak heran, jika banyak usaha furniture saat ini yang mulai merintis bisnis ini.

Ketahui Jenis Tekstur Kayu Dengan Keunggulan Dan Kekurangan Yang Dimiliki Nya

Interior rumah merupakan hal yang sudah pasti berkaitan dengan kayu. Dengan menggunakan interior kayu ini, memang dapat membuat rumah terkesan mewah dan elegan. Namun, tergantung dari jenis kayu yang anda gunakan. Karena tidak semua kayu bisa memberikan rumah dengan kesan elegan dan mewah. Jika anda ingin membeli furnitur kayu dengan kualitas terbaik, maka anda harus lebih tahu dahulu mengenai jenis-jenis kayu serta lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya. Sehingga anda bisa mengantisipasi agar tidak kena tipu oleh penjual nakal. Untuk itu, ulasan berikut dengan jenis- jenis kayu serta pembahasan kekurangan dan kelebihannya;

  • Kayu merbau

Kayu merbau ini juga merupakan jenis kayu yang paling laris untuk pembuatan furniture kayu. Tekstur kayu merbau ini halus dengan warna coklat agak kemerahan yang mana dapat cukup tahan dengan serangan serangga. Kayu merbau ini merupakan kayu yang berkualitas dan harganya lebih murah dibanding kayu jati.

  • Kayu jati

Kayu jati merupakan kayu yang memang memiliki kualitas terbaik di banding jenis kayu yang lainnya. Kayu jati ini memiliki tekstur indah dibanding jenis kayu yang lainnya. Tak heran, jika kayu jati ini digunakan banyak orang untuk pilihan furniture yang memang digunakan untuk mempercantik interior rumah. Keunggulan kayu jati ini dapat tahan terhadap cuaca, suhu, jamur, dan serangga. Oleh karena itu, harga kayu jati dengan di produksi furniture ini memang harganya cukup tinggi.

  • Kayu mahoni

Kayu mahoni ini memang mudah kita jumpai. Kayu mahoni memiliki warna merah terang, dengan tekstur kayu yang halus, mudah dipotong, dan mudah untuk dibentuk. Kayu mahoni ini waktu tanamnya singkat dan harga kayu mahoni ini lebih murah.

  • Kayu sonokeling

Kayu sonokeling ini memiliki tekstur kayu yang kuat dan awet, sehingga kayu sonokeling ini selalu digunakan untuk material konstruksi bahan bangunan. Keunggulan dari kayu sonokeling ini memiliki serat indah yang berwarna ungu dengan motif coretan berwarna hitam. Dan kayu sonokeling ini dapat tahan terhadap serangga dan cocok digunakan untuk pembuatan furniture minimalis. Pohon kayu sonokeling ini tumbuh di hutan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam merawat kayu agar tidak mudah rusak ini, ada tips nya loh. Yang pertama memberikan alas kaki pada furniture, kemudian meletakkannya di tempat kering. Dan yang terakhir angkat furniture saat anda memindahkannya. Itulah jenis-jenis kayu dan kelebihannya serta ada tambahan tips dalam merawat furniture.