Saat anda ingin berbelanja pakaian, biasanya anda akan melihat bahan apa yang digunakan untuk membuatnya bukan. Sebagian dari anda mungkin saja sudah familiar dengan berbagai jenis kain. Seperti halnya dengan kain wool, satin, sutra, canvas, cotton dan lain sebagainya masih ada banyak lagi. Akan tetapi apakah anda sudah tahu bahwa jenis dari bahan kain itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Itulah mengapa anda juga harus bisa membedakan jenis kain mana yang berkualitas dan tidak. Mengingat jenis dari bahan pakaian juga ada banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda belum tahu jenis dari kain itu apa saja. Tentu saja tanpa perlu lama-lama anda bisa membaca ulasan kami dibawah ini.

pakaian

Inilah Berbagai Jenis Bahan Kain Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Pakaian

Setiap jenis bahan tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing bukan. Lalu jenis bahan mana yang kualitasnya baik dan nyaman dikenakan. Mengingat tidak semua jenis bahan yang ada saat ini memiliki kualitas sama. Jadi sebelum anda membuat pakaian di pabrik konveksi atau membeli di toko pakaian. Penting untuk anda mengetahui jenis bahan yang sering digunakan untuk memproduksi pakaian di pabrik konveksi tersebut. Apa saja jenis bahan kain itu? Yuk simak baik-baik penjelasan kami dibawah ini.

  • Cotton

Jenis bahan kain yang pertama adalah kain cotton. Jenis kain ini merupakan serat staple yang artinya terdiri dari serat yang berbeda-beda. Cotton dibuat dari serat alami yaitu dari tanaman kapas. Cotton ini terdiri dari selulosa, senyawa organik yang tidak larut dan merupakan bahan yang halus dan lembut. Bahan ini biasanya digunakan untuk memproduksi pakaian kita sehari-hari. Seperti halnya dengan kaos yang sering dikenakan. Perlu anda ketahui bahwa jenis bahan ini memiliki daya serap yang sangat baik. Sehingga tidak heran jika banyak konveksi pakaian yang menyediakan jenis bahan satu ini.

  • Polyester

Apakah anda sudah tahu seperti apa bahan ini? Tentunya menjadi bahan yang tidak mudah menyerap keringat dan memiliki tekstur sedikit kasar. Selain itu, jenis bahan ini terbilang mudah kusut dan warnanya juga lebih mudah pudar. Sebab polyester tersebut tidak murni hanya dari serat kapas saja. Akan tetapi juga ada serat buatan di dalam kain tersebut. Sehingga tidak heran dengan kualitas yang rendah. Bahan ini dijual dengan harga yang bisa dibilang terjangkau.

  • Baby terry

Inilah salah satu jenis bahan yang merupakan hasil dari perpaduan dua bahan seperti katun dan polyester. Jangan khawatir, meskipun ada sedikit mengandung bahan polyester. Akan tetapi jenis bahan ini tetap memiliki daya serap baik. Biasanya bahan satu ini digunakan untuk membuat sweater maupun jaket.

  • Denim

Apakah anda sudah tahu bahwa jenis bahan ini memiliki ketahanan yang sangat baik dan kokoh karena terbuat dari katun twill. Selain itu, ketebalan dari kain ini juga beragam. Semua itu sesuai dengan kebutuhan produk yang akan dibuat. Akan tetapi tetap memiliki tekstur kain yang halus. Selain digunakan untuk membuat celana, denim juga sering dibuat untuk jaket, rok, tas dan lain sebagainya.

  • Jersey

Menjadi salah satu bahan kain yang tidak asing lagi bagi mereka yang sering memesan pakaian di konveksi. Jenis bahan ini sering digunakan untuk memproduksi kaos, gamis dan bahkan selimut musim dingin. Bahan ini menjadi bahan kain yang terbuat dari jenis tekstil rajutan.